wisata malioboro
Wisata di Sepanjang Jalan Malioboro (Gambar : Yukpiknik.com)

Jalan Malioboro, Destinasi Wisata Belanja dan Budaya di Jogja

Posted on

Jogja merupakan kota budaya yang didalamnya terdapat nilai-nilai kebudayaan mulai dari warga hingga bangunannya. Jika anda ke Jogja, pastikan anda tidak melewatkan tempat yang identik dengan kota budaya ini seperti Malioboro. Tempat ini merupakan tempat atau destinasi yang wajib dikunjungi oleh wisatawan karena sangat melekat sekali dengan Jogja.

Anda bisa melakukan banyak hal ini seperti nongkrong, belanja, kuliner, dan lain sebagainya karena disini bisa mengenal Jogja lebih dalam lagi. Selain itu, tempatnya yang dekat dengan keratin juga bisa membuat seseorang lebih banyak mempelajari tentang kebudayaan yang ada di Jogja sehingga anda akan mendapatkan banyak keuntungan saat berada di tempat ini.

Wisata yang wajib dikunjungi: Malioboro

Malioboro merupakan jalan sepanjang 2,5 Km yang membentang tugu Jogja sampai ke Pos Jogja. Tempat ini tidak pernah sepi dari wisatawan karena tempat ini bisa dikatakan ikonnya Jogja. Sebagai salah satu tempat belanja di Jogja, anda akan mendapati banyak pedagang kaki lima yang menyajikan sajian sederhana namun nikmat yang bisa memberikan kenangan indah saat disini.

Selain pedagang kaki lima, pemandangan lain yang bisa dilihat disini adalah tukang becak dan delman yang setia menunggu pelanggan yang termasuk kedalam alat transportasi tradisional atau khas di malioboro yang mana akan memberikan suasana yang berbeda saat anda berada disana.

Sebagai salah satu tempat wisata yang wajib anda kunjungi di Jogja, Malioboro akan memberikan suasana berbeda karena disepanjang jalan ini kalian akan mendengarkan alunan gamelan jawa yang diputar dikaset maupun dimainkan secara langsung oleh seniman jalanan Jogja.

Budaya lesehan dan angkringan juga bisa terlihat sebagai pemandangan malam disini. Jalan ini merupakan jalan yang wajib sebagai lokasi kirab setiap kali keraton mengadakan sebuah acara dan perayaan tertentu sehingga tempat ini merupakan tempat penting untuk keratin Yogyakarta Hadiningrat.

Selain tempat penting untuk keraton, Malioboro juga menjadi salah satu pusat perbelanjaan yang menawarkan oleh-oleh khas Jogja karena disini anda akan mendapati pasar beringharjo yang merupakan pasar tradisional dan ramai dikunjungi oleh para wisatawan.

Di pasar malioboro ini, anda bisa mendapatkan oleh-oleh seperti beragam motif baik, kerajinan tangan, aksesoris, dan lain sebagainya. Tempat ini merupakan salah satu pusat kegiatan ekonomi Yogyakarta pada jaman dahulu yang mana memberikan kesejahteraan pada warga Jogja.

Hal menarik lain yang ada di Malioboro

Selain sebagai tempat pusat ekonomi, Malioboro juga memiliki hal menarik lain yang bisa membuat anda berkesan saat berada disini. Sebagai tempat budaya, Jogja Malioboro juga mempertunjukkan budaya seperti pekan budaya tionghoa yang biasanya dijalankan di daerah ketandan.

Disana terdapat etnis tionghoa dan tidak bisa dipisahkan dengan sejarah dan perkembangan kota ini.Perayaan ini biasanya dijalankan pada tahun baru Imlek yang mempertontonkan budaya tionghoa seperti barongsai, panggung hiburan, bazar kuliner, pameran budaya, dan lain sebagainya.

Dengan demikian, Jogja tidak pernah memberikan rasa kekecewaan yang mendalam untuk para wisatawannya karena disini mereka mendapatkan hiburan mulai dari budaya hingga kuliner. Di jalan Malioboro ini pun, anda akan mendapatkan kepuasan tersendiri karena disini anda akan mendapatkan suasana budaya hingga kuliner beserta oleh-oleh khas Jogja yang tidak bisa dicari ditempat wisata lain.

Selain itu, di tempat ini pula kalian akan mengetahui keramahan masyarakat Jogja terhadap wisatawan dimana kalian akan berkomunikasi dengan sangat baik disini. Dengan kata lain, anda akan mendapatkan pengalaman terbaru di tempat wisata ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *