pesona-candi-borobudur-yang-megah-cocok-banget-buat-rekreasi
Keindahan borobudur ( Gambar : wisataterindah.net )

Wisata Candi Borobudur

Posted on

Wisata Candi Borobudur – Bagi anda yang sering berpergian, tentu nama candi  Borobudur bukan nama yang asing lagi. Candi Borobudur adalah salah satu obyek wisata di Jawa tengah yang sangat sayang jika Anda lewatkan. Sebab candi Borobudur ini pernah masuk ke dalam salah satu dari tujuh ke ajaiban dunia.

Wisata Candi Borobudur
Keindahan borobudur ( Gambar : wisataterindah.net )

Alasannya adalah belum pernah di temukan mahakarya Candi Budha yang sebesar candi Borobudur. Selain itu candi ini juga memiliki koleksi relief yang terbanyak dan terlengkap di dunia. Sehingga sangat wajar jika candi ini di masukan UNESCO sebagai bagian dari keajaiban dunia.

Inilah yang membuat saya bangga menjadi warga Indonesia terutama menjadi wong Jogja. Banyak sekali keindahan keindahan masa lampau yang sampai sekarang masih bisa kita nikmati.

Sejarah Borobudur

Menurut berbagai sumber, candi Borobudur diperkirakian dibangun mulai  masa Dinasti Syailendra yaitu sekitar abad ke-9, yang pada masa itu masih di bawah pemerintahan Raja Samaratungga. Sungguh arsitek pembangunan kompleks candi ini yang diketahui bernama Gunadharma, sanggat luar biasa.

Semua orang juga tahu bahwa di zaman itu orang belum mengenal sistem komputer dan teknologi canggih tetapi kok ya ada yang berhasil merancang bangunan luar biasa ini seperti itu. Pembangunan kompleks candi terbesar ini dapat diselesaikan sekitar 50-70 tahun kemudian. Nama Borobudur berasal dari bahasa Sansekerta ‘Vihara Buddha Uhr’ yang berarti Biara Buddha di Bukit.

Pada masa itu, Candi Borobudur menjadi pusat kegiatan keagamaan terbesar. Sampai saat masuknya pengaruh Islam pada abad ke-15. Candi ini mulai ditinggalkan oleh masyarakat yang beralih ke agama Islam. Borobudur semakin terlupakan saat terjadi letusan Gunung Merapi yang membuatnya terkubur abu vulkanik.

Pada tahun 1814, Sir Thomas Stamford Raffles mengungkap keberadaan Candi Borobudur setelah mendapat informasi mangenai adanya sebuah bangunan besar yang tertimbun abu vulkanik. Tak hanya tertimbun abu vulkanik, kondisi candi saat ditemukan juga dipenuhi semak belukar.

Sejak ditemukan kembali, pemugaran dan berbagai usaha rekonstruksi candi dilakukan mulai dari masa penjajahan Inggris, Belanda sampai saat Indonesia telah merdeka. Dengan bantuan dari UNESCO dan para ahli sejarah budaya dari berbagai belahan dunia, Indonesia terus berupaya memperbaiki kondisi Candi Borobudur. Setelah lebih dari sepuluh abad terbaikan dan tak terpelihara, kompleks candi ini tetap berdiri kokoh sampai saat ini.

Alamat borobudur

Rute Menuju Wisata Candi Borobudur

Jika anda ingin menuju ke candi borobudur. Berikut adalah rute untuk menuju kesana.

1. Rute ke Candi Borobudur mengunakan bis

Dari Kota Jogja silakan ke Terminal Bis Giwangan  atau Sub Terminal Bis Jombor, kemudian naik bis jurusan Borobudur, dengan ongkos sekitar Rp. 10.000(sepuluh ribu rupiah).

Rute bis ini kalau dari terminal Giwangan –>Ringroad –> Gamping – >Terminal Jombor –> Jl. Magelang –> Sleman –> Terminal Bis Muntilan. Bis ini biasanya ngetem di terminal muntilan sekitar 30 menit, kemudian dilanjutkan ke terminal bis Borobudur. Jogja – Borobudur sekitar 45 km. Waktu tempuh sekitar 1,5 jam (diluar ngetem di terminal).

Setelah sampai terminal bis Borobudur, silahkan dilanjutkan dengan berjalan kali kurang lebih  500 m atau anda bisa  naik becak (ongkos Rp. 5.000) atau naik dokar (ongkos Rp. 20.000; satu dokar). Sampailah kamu di pelataran Candi Borobudur.

2. Rute ke Candi Borobudur mengunakan kendaraan pribadi

Baca Juga : Bakpia Jogja Paling Enak dan Terkenal

Tiket Masuk Wisata Candi Borobudur

Berikut adalah html wisata candi borobudur:

Objek wisata Candi Borobudur dibuka mulai pukul 06.00 s/d 17.00 WIB. Dengan  harga tiket masuk untuk orang dewasa sejumlah Rp 30.000,-  untuk wisatawan lokal atau WNI dan $ 15 untuk warga asing atau WNA. Sedangkan harga tiket masuk untuk anak  – anak yaitu sebesar Rp 12.500,- untuk warga lokal atau WNI dan $8 untuk warga asing atau WNA.

Wisata Candi Borobudur
List Harga Tiket Masuk Wisata Candi ( Gambar : borobudurpark.com )

Ada banyak sekali hal yang bisa Anda lakukan selama berada di kompleks candi Buddha paling besar di dunia ini, di antaranya:

1.Belajar seni sastra dan budaya

Jika Anda pecinta seni sastra dan budaya, berwisata ke Candi Borobudur tentu menjadi pengalaman yang sangat berkesan dan menarik.  Anda bisa melihat, membaca dan mengamati banyak relief yang tersebar di dinding candi.

Untuk dapat membaca cerita relief ini secara berurutan, Anda harus berjalan mengitari candi searah putaran jarum jam yaitu dari kiri ke kanan. Mulailah dari pintu timur di tingkatan terbawah dan berjalanlah memutar sampai kembali ke pintu awal kemudian naik tangga ke tingkatan berikutnya. Lakukan hal ini terus-menerus sampai ke tingkatan teratas untuk mendapatkan cerita yang berurutan dan utuh. Anda mengalami kesulitan membaca cerita di relief? Tak perlu bingung karena ada jasa pemandu yang siap membantu Anda.

2. Berburu foto

Tempat wisata ini menawarkan banyak sekali objek foto yang menarik untuk Anda, penggemar fotografi. Cobalah berkeliling kompleks candi ini dan temukan angle yang pas untuk memotret. Candi Borobudur juga dikenal memiliki pemandangan matahari terbit dan terbenam yang cantik. Datanglah pada momen yang tepat, siapkan kamera Anda dan selamat mengabadikan pemandangan cantiknya.

3. Belanja souvenir

Rasanya tak lengkap jika mengunjungi sebuah tempat wisata tanpa membeli suvenir khasnya. Tak jauh dari kompleks Candi Borobudur, terdapat deretan kios suvenir. Anda bisa membeli beragam barang mulai dari topi, kaos, tas, gantungan kunci sampai miniatur candi. Harga yang ditawarkan bervariasi, gunakan kemampuan Anda dalam menawar sebaik mungkin.

4. Berkeliling kompleks candi

Di kompleks Candi Borobudur terdapat pelataran hijau luas yang bisa Anda jelajahi. Selain dengan berjalan kaki, Anda bisa menyewa sepeda untuk mengelilingi tempat wisata ini. Anda membawa anak kecil? Cobalah naik kereta kelinci yang pastinya disukai anak-anak. Jika ingin mencoba pengalaman yang berbeda, kenapa tak mencoba naik andong untuk berkeliling?

Itu tadi info wisata candi borobudur mulai dari rute lokasi sampai harga tiket masuk. Punya pengalaman menarik saat berwisata ke candi borobudur? Yuk share di kolom komentar

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *