( Gambar : indonesiarestoguide.com )

Angkringan Jogja Modern Yang Wajib Kamu Kunjungi!

Posted on

Kuliner Angkringan Jogja – Angkringan memang menjadi salah satu tempat makan yang wajib dikunjungi ketika berkunjung ke Jogja. Tempat makan berupa gerobak sederhana beratap terpal plastik. Disini disediakan  beraneka macam hidangan seperti nasi kucing, gorengan, sate telur puyuh, sate usus, gorengan, serta berbagai macam wedang ini memberikan suasana yang berbeda.

Apalagi dengan keakraban yang ditawarkannya, membuat orang yang pernah di Jogja gagal move on.  Namun, bagaimana jika angkringan Jogja yang sederhana dengan gerobak dan terpal plastik dirubah jadi angkringan modern dengan suasana ala cafe.

Berikut kami sajikan 5 angkringan modern Jogja, recomended buat kamu  yang ngaku anak Hits.

1. Angkringan Madre

Angkringan-jogja-madre
Madre menawarkan kekhasannya yaitu pelayannya adalah orang tuli ( Gambar : https://atmajayanews.wordpress.com )

Angkringan Madre atau yang terkenal dengan angkringan tuli ini merupakan salah satu angkringan yang bernuansa modern di Jogja. Selain itu, keunikan lain dari angkringan ini terdapat pada pelayannya, yaitu mereka para penyandang tuna rungu atau tuli. Ada tulisan “Angkringan Tuli” dan spanduk berisi abjad A hingga Z dengan bahasa isyarat di depan angkringan. Makanan dan aneka wedangan yang disediakan di angkringan ini sama halnya diangkringan lainnya, hanya saja terdapat beberapa makanan tambahan.

Artikel Terkait : 4 Bakpia Enak dan Unik di Jogja

Nasi kucing, aneka gorengan, aneka sate tetap disajikan di atas gerobak, sedangkan menu lainnya seperi roti bakar, pisang coklat, di masak di dapur. Tikar dan kursi kayu panjang yang biasanya ada di depan gerobak juga tak nampak di angkringan ini karena telah  diganti kursi-kursi ala restoran dan cafe dengan gemerlap lampu. Angkringan ini terdiri dari 2 tingkat, di lantai bawah terdapat kursi-kursi di ruang terbuka dan di lantai dua adalah lesehan.

Selain menu makanan yang lebih variatif dan suasana yang modern, angkringan ini juga memberikan kesempatan bagi pengunjungnya untuk belajar bahasa isyarat dan tentunya sikap saling menghormati. Tempat angkringan ini juga strategis banget, di Kampung Kuliner Pringwulung, Depok, Kabupaten Sleman, tepatnya di bagian pojok kawasan Taman Kuliner Pringwulung. Angkringan “Madre” buka setiap hari pukul 17.00 sampai dengan pukul 21.00 WIB

2. Waroeng Klangenan Yogyakarta

Angkringan Patangpuluhan( Gambar : indonesiarestoguide.com )

Kesederhanaan rasa yang dipadukan dengan kemodernan warung masa kini ditampilkan secara apik oleh waroeng klangenan. Waroeng bernuansa akringan modern ini berada di daerah Patangpuluhan Jogja. Lokasinya memang agak sedikit menyempil di pinggir jalan, perlu sedikit usaha ekstra untuk menemukan tempat ini.

Namun, jangan khawatir karena ada papan besar yang bertuliskan waroeng klangenan yang dapat dijadikan petunjuk ke tempat ini. Selain mengusung konsep angkringan modern, waroeng kalngenan atau biasa disebut dengan angkringan klangenan juga mengusung konsep bangunan jawa semi joglo dengan bentuk bale-bale santai.

Baca Juga : 4 Gudeg Enak dan Legendaris di Jogja

Menu yang ditawarkan juga variatif terdapat delapan jenis nasi bungkus, dua puluh macam sate, aneka gorengan, kue tradisional, kerupuk/klethik’an dan lebih dari empat puluh jenis minuman. Selain itu angkringan ini juga menawarkan Free hotspot dan alat pembakar sate tradisional yag terbuat dari tanah lengkap dengan bumbu olesnya dan arang.

Untuk harga makanan dan minuman di sini pun cukup terjangkau antara Rp1000- Rp8000. Angkringan ini buka dari jam 4 sore hingga jam 11 malam.

3. Angkringan JAC (Pendopo Ndalem) atau Angkringan Bangsawan

angkringan-jogja-pendopo-ndalem
Angkringan Pendopo nDalem ( Gambar : gudeg.net )

Angkringan Pendopo Ndalem atau disebut dengan Angkringan Bangsawan ini merupakan salah satu angkringan yang telah meninggalkan terpal plastik sebagai penutup gerobaknya, diganti suasana kental jogja yang kaya dengan adat istiadat.

Angkringan ini buka setiap hari, pukul 18:00 – 23:30 WIB, terletak di Jl. Sompilan No. 12, Ngasem, Yogyakarta. Menu yang disediakan diangkringan ini yaitu sup jagung, soto ayam, nasi kuning, nasi lodeh, sayur asem, sayur daun singkong, sayur kare, balado terong dan rendang.

Artike Lain : Penginapan Murah Di Sekitar Jalan Malioboro

Selain itu ada sate ayam, nasi kucing, gurame bakar dan goreng, udang bakar dan goreng, ayam goreng, ayam semur, ayam opor, bakmi goreng, tempe goreng, aneka bacem dan berbagai lalapan. Sementara itu menu penutup yang bisa dipilih adalah aneka bubur seperti bubur sumsum, bubur mutiara dan berbagai jenis es seperti es dawet, es degan dan es blewah.

Selain itu untuk anda pecinta kopi, angkringan ini juga menyediakan berbagai macam kopi. Untuk harga sendiri mulai dari Rp 1.000,00 sampai dengan Rp 8.000,00.

4. Le Waroenk

angkringan-jogja-la-waroenk
LE WAROENK ( Gambar : http://rindumiu.blogspot.co.id/ )

Angkringan gaya baru yang terletak di Jl. Cik ditiro 36 yogyakarta, yakni tepat di dekat Bunderan UGM ini mencoba mengkombinasikan karakteristik angkringan dan tempat nongkrong. Baik secara tempat maupun pilihan menu yang ditawarkan, namun tidak meninggalkan gerobak sebagai ikonik dari angkringan.

Menu yang ditawarkan di angkringan ini sama dengan menu-menu yang ada di angkringan lainnya, hanya lebih variatif. Seperti nasi kucing, ada Nasi Sambal Teri, Nasi Oseng Tempe, Nasi Rendang Tempe, Nasi Sambel Telur, Nasi Goreng Sapi, dan Nasi Sapi Lada Hitam. Selain nasi kucing, tahu bacem, ceker ayam bakar, tempe mendoan, angkringan ini juga menyediakan sate nugget, dan sate sosis.

Agar dapat dinikmati dalam keadaan hangat, semua lauk ini dapat dibakar terlebih dahulu. Harga tiap bungkus nasi kucing di angkringan ini bisa dibilang di atas harga nasi kucing di angkringan biasa, yaitu yaitu Rp.2000 – Rp. 3500. Sedangkan aneka lauk pauk dihargai mulai dari Rp. 1.000- Rp. 3.000.

Artikel Lain : 5 Pantai Pusir Indah dan Mempesona di Jogja!

Untuk minuman juga hampir sama dengan minuman di angkringan pada umumnya, lemon tea, teh, teh tarik, susu, teh tawar, jahe, wedang uwuh, susu jahe, milo, ovaltine, coffemix dan lain-lain. Angkringan ini buka dari jam 17.00 WIB sampai dengan jam 24.00 WIB.

How to get there:

Trans Jogja : Sampai pukul 21.00 Anda dapat menggunakan bis Trans Jogja dan turun di Shelter Cik Di Tiro. Jalan kaki ke arah utara sejauh kurang lebih 200 meter.

Becak : Naik becak dari bunderan UGM.

5. Playground, Kedai Tiga Ceret

angkringan-jogja-playground
Tiga Tjeret: Menikmati “Angkringan” ala Restoran ( Gambar : shintadaniel.wordpress.com )

Angkringan yang identik dengan gerobak sederhana beratap terpal plastik, kursi kayu panjang, serta tikar, kini dibalut dengan suasana ala cafe oleh playground. Terpal plastik yang menutupi gerobak telah diganti dengan bangunan bertingkat, sedangkan kursi kayu panjang dan tikar diganti dengan kursi-kursi cafe serta payung-payung warna warni yang melindunginya dari hujan. Ornamen-ornamen modern juga ditampilkan oleh angkringan ini,mulai dari lampu, hiasan dinding, warna cat yang pop, serta iringan lagu yang menemani  saat kita makan.

Kesan angkringan tidak terasa sama sekali di tempat ini, namun menu yang disajikannya merupakan menu angkringan. Nasi kucing dengan berbagai variasi seperti nasi granat, nasi ayam blackpapper, Nasi Sapi Lada Hitam, nasi rica-rica bebek, dll.

Begitu juga dengan lauknya, terdapat beberapa sate, yaitu sate tempe srundeng, sate ayam ngohiong, sate cumi, sate usus, ekado ayam, dan sate paru. Selain itu juga terdapat berbagai macam wedangan seperti wedang susu, wedang susu kacang, wedang coklat, wedang kopi, dan lain-lain. Berikut daftar menu beserta harga makanan yang ada di playground.

Penasaran dimana lokasi playground? Lokasinya sih cukup strategis. Ancer-ancernya nih, kalo dari kampus UIN (Universitas Islam Negeri) Sunan Kalijaga ke arah selatan luruuus sampe nemu rel kereta nah setelah rel di sisi kanan mulai tengok-tengok deh.. kalo kamu dari arah selatan dari kantor balai kota jogja lurus ke arah utara.. ngelewatin beberapa kali lampu merah pokoknya tetep luruss sampe ketemu kampus APMD di kanan jalan mulai deh tu perhatiin sisi kiri, bangunannya jelas keliatan karna rameee banget dan lumayan besar. Nih peta lokasinya :

Buka dari jam 16.00 – 02.00 WIB, cocok buat kalian yang suka nongkrong karena gak bakalan diusir walaupun Cuma mesen segelas es teh.

Itu tadi info tentang angkringan jogja. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang ingin menghabiskan malam anda bersama temen, sanak keluarga maupun pasangan dengan harga yang sangat sangat terjangkau. Simak artikel kami lainnya ya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *